13 April 2018

Coming Soon: Fesbukan 7

Fesbukan (Festival Budaya dan Pendidikan) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Sastra Jepang Universitas Padjadjaran. Tidak sekedar bertajuk ‘Jejepangan’ saja, acara ini tidak hanya diisi oleh kegiatan lomba pendidikan saja tetapi ada penampilan kebudayaan Jepang dan Indonesia. Fesbukan kemudian menjadi acara bernafaskan budaya Jepang-Indonesia yang representatif dari Universitas Padjadjaran.

Dalam penyelenggaraannya yang memasuki tahun ke-7 ini , Fesbukan mengambil tema Youkai, di mana dalam mitologi Jepang sendiri Youkai merupakan kebudayaan Jepang dahulu yang keberadaan sejarahnya mulai menghilang. Semakin modern-nya dunia kita, terkadang kita lupa dengan sejarah lama itu sendiri. Di sisi lain, semakin banyaknya pengetahuan baru yang kita ketahui membuat pengetahuan yang lama akan menjadi semakin tertinggal. Hal ini berlaku juga bagi mitologi “Youkai” yang kita anggap sebagai “pengetahuan lama”, yang memungkinkan untuk terlupakan. Maka dari itu kami mengambil mitologi sebagai tindakan untuk memperkenalkan kembali teman-teman akan pengetahuan lama dalam kebudayaan Jepang itu sendiri.

Dengan mengusung tema tersebut, Fesbukan 7 dapat menjadi ajang bagi anak-anak muda Indonesia untuk lebih mengetahui budaya Jepang yang sebelumnya tidak diketahui serta menjadikan hal tersebut sebagai pengetahuan yang dapat diperkenalkan lebih luas lagi.