08 September 2018

Massaki 2018: Masa Kaderisasi Mahasiswa Baru Sastra Jepang UNPAD

Terhitung sejak tanggal 3 September 2018, Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMADE) memulai rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru tingkat prodi yang bernama Massaki 2018. Melalui Massaki 2018, para mahasiswa baru diharapkan dapat beradaptasi dengan kehidupan perkuliahan, menjadi bibit-bibit unggul dari segi akademik maupun non akademik, serta terasah hard skill dan soft skill-nya.

Tahun ini, rangkaian Massaki 2018 dibuka dengan acara “Jikoshoukai”(自己紹介)yang difokuskan pada pengenalan jurusan maupun kampus, khususnya area Pusat Studi Bahasa Jepang. Terdapat beberapa konten menarik dalam acara ini. Diantaranya yaitu Dinamika Kampus, Pengenalan Klub, Jelajah PSBJ, dan kunjungan Stand Klub. Melalui Dinamika Kampus, mahasiswa mendapat informasi seputar alur pembelajaran di prodi Sastra Jepang serta berbagai beasiswa yang ditawarkan. Pengenalan Klub dan Kunjungan Stand bertujuan untuk memperkenalkan klub-klub yang terdapat di Sastra Jepang UNPAD. Para mahasiswa juga dapat mendaftar dan menjalankan free trial atau masa percobaan dalam rangka bergabung dalam klub yang dipilih. Sedangkan melalui Jelajah PSBJ, mahasiswa baru diajak untuk lebih mengenal ruangan-ruangan dan fasilitas yang terdapat dalam area PSBJ (Pusat Studi Bahasa Jepang).

Selain Jikoshoukai, Massaki 2018 juga memiliki rangkaian pengenalan terhadap Bahasa Jepang dasar yang diselenggarakan setiap pagi, sebelum perkuliahan dimulai. Rangkaian ini bernama Benkyou Pagi. Dalam sesi ini mahasiswa baru diajarkan berbagai macam pengetahuan mengenai Bahasa Jepang dasar serta informasi mengenai budaya Jepang. Sore harinya, Massaki 2018 melaksanakan Mentoring Sore yang memuat beragam konten yang dapat mengasah kemampuan mahasiswa baru dalam berbagai hal untuk mendorong mahasiswa agar aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berada dalam Prodi Sastra Jepang UNPAD.

Seiring berjalannya rangkaian Massaki 2018 ini, mahasiswa baru Sastra Jepang Unpad diharapkan mendapatkan informasi yang bermanfaat serta dapat beradaptasi dengan lingkungan Sastra Jepang Unpad. Dan tentunya, mempererat hubungan pertemanan serta bertambahnya pengalaman baru yang menyenangkan dan unik!

 

Klik di sini untuk melihat dokumentasi saat acara berlangsung.