15 April 2019

Kampus Cantik Dengan Kirei-Kirei PSBJ 3.0

Pada tanggal 30 Maret 2019 lalu, departemen Kesekretariatan Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang S1 Universitas Padjadjaran mengadakan program kerja yang bernama “Kirei-kirei PSBJ”. Program kerja ini bertujuan untuk merawat dan menjaga lingkungan Pusat Studi Bahasa Jepang. Seperti Namanya “Kirei” yang dalam Bahasa Indonesia berarti cantik, program kerja ini berusaha untuk mempercantik lingkungan Program Studi Bahasa Jepang dengan cara membersihkannya. Karena PSBJ adalah tempat perkuliahan yang kita pakai sehari-hari, maka dari itu HIMADE merasa perlu untuk mengadakan acara seperti ini. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Sastra Jepang saja, tetapi seluruh perwakilan jurusan yang ada Fakultas Ilmu Budaya juga turut andil dalam acara ini. Hal ini bertujuan untuk membangun tali silaturahmi antar mahasiswa Sastra Jepang itu sendiri dan juga dengan jurusan lain yang ada di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.

Peserta mulai berkumpul pada jam 8 pagi yang kemudian dilanjutkan pembukaan acara dengan sambutan dari ketua pelaksana Kirei-kirei PSBJ 3.0 yang setelah itu disambung dengan sambutan dari Kaichou HIMADE. Tidak lupa juga sambutan sekaligus pembukaan dari perwakilan program studi yaitu Ibu Risma Rismelati. Setelah serangkaian sambutan peserta diajak untuk senam pagi bersama, setelah itu para peserta dibagikan kelompok dan area yang akan dibersihkan. Walaupun ada sedikit kendala saat pembagian area, tetapi acara tetap berjalan dengan lancar.

Area yang dibersihkan masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu, genkan, genkan atas, ruang kelas, koridor dan juga lab choukai. Teknis pembersihannya juga masih sama dengan tahun lalu yaitu ruang kelas disapu dan pel, lalu genkan dan koridor disikat. Setelah berakhirnya acara bersih-bersih, peserta berkumpul kembali di genkan untuk bermain games lalu ditutup dengan makan bersama.

Dengan adanya acara Kirei-kirei PSBJ ini, semoga semua panitia maupun peserta dapat menerima hikmahnya yaitu kita sebagai manusia harus bisa menjaga dan merawat lingkungan apalagi lingkungan sekitar kita. Dengan begini kerusakan-kerusakan yang dialami semakin berkurang dan juga lingkungan semakin nyaman dipandang.

Klik di sini untuk melihat dokumentasi acara.