25 Mei 2019

Pengabdian Kepada Masyarakat: Berbagi Ilmu dan Pengalaman di Panti Asuhan Tunas Melati

Melipat kertas (origami)

Kita pasti selalu memiliki niat baik yang ingin diberikan kepada sesama. Tidak dapat dipungkiri bahwa, tidak ada satu orang pun yang tidak berkeinginan untuk membantu atau dibantu. Karena bagaimanapun, kita manusia tetap berperan sebagai makhluk sosial. Oleh karena itu, Departemen Sosial Kemasyarakatan (SOSKEM) Himade berusaha merealisasikan niat dan keinginan untuk saling berbagi sesama manusia melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.

Tepat pada 1 Mei 2019, para dosen dan mahasiswa Sastra Jepang UNPAD menyempatkan untuk berkunjung ke salah satu panti asuhan sosial anak yang bertempatkan di daerah Buahbatu, Bandung. Program kerja ini merupakan program kerja tahunan yang juga salah satu program dosen yang kemudian bekerja sama dengan Departemen SOSKEM. Pada kesempatan kali ini, Himade berkunjung ke Panti Asuhan Tunas Melati, yang beralamat lengkap di Jl. Baturaden VIII No.99 Ciwastra, Bandung.

Kabaret Momotaro

Kegiatan ini diikuti oleh 35 mahasiswa Sastra Jepang dan beberapa dosen. Melalui kegiatan PKM kali ini, Himade mengusung 4 Bidang untuk dibagi ilmu dan pengalamannya dengan 27 anak-anak di Panti Asuhan Tunas Melati, yaitu Bidang Literasi dengan menampilkan kabaret Momotaro oleh Klub Teater Henshin Himade, Bidang Kebersihan dengan mengadakan penyuluhan Biopori, Bidang Keterampilan dengan membuat pelatihan pembuatan Onigiri, sarung kotak tisu dari kain perca, dan membuat Origami, serta Bidang Kebudayaan dengan mengenalkan seni bela diri Jepang yaitu Kendo oleh Klub Kendo Himade dan seni tari Jepang oleh Klub Odori Himade.

Kendo

Dengan konten 4 bidang PKM yang dikemas dengan menarik, anak-anak Panti Asuhan terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti setiap rangkaian acara. Ketua Pelaksana PKM, Alfidanza Azzindani, mengutarakan lewat kata sambutannya, bahwa kegiatan PKM ini juga menjadi bentuk realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mahasiswa Sastra Jepang agar dapat menjadi manfaat untuk masyarakat sekitar. Kaprodi Sastra Jepang, Ibu Dr. Riza Lupi Ardiati, M.Hum yang turut hadir juga menyampaikan bahwa diharapkan PKM ini dapat menjalin hubungan yang baik antara pihak Sastra Jepang dengan Panti Asuhan Tunas Melati.

Dengan adanya PKM Himade yang berkelanjutan, diharapkan lebih meningkatnya kesadaran masyarakat Sastra Jepang akan tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai mahasiswa dan pentingnya nilai kemanusiaan untuk saling berbagi dengan sesama manusia ciptaan Tuhan.

Klik di sini untuk melihat dokumentasi acara.