14 Juli 2019

Eksibisi Budaya Bunkasai ke-45

Pekan Bahasa dan Kedaya Jepang (Nihongo Nihon Bunkasai) ke-45 telah diselenggarakan pada 28-29 Juni 2019 lalu. Acara yang diselenggarakan Program Studi Sastra Jepang Universitas Padjadjaran dengan bekerja sama dengan prodi bahasa Jepang STBA YAPARI, UNIKOM, Universitas Widyatama, UNAS PASIM, UPI, STIBA INVADA, dan Universitas Maranatha ini diadakan setiap tahunnya, dengan tahun ini menjadi kali ke-45. Seperti tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa-mahasiswi dari universitas terkait bersaing pada berbagai macam lomba akademis: lomba pidato, kanji, sakubun, choukai, shuuji, dan karaoke. Tahun ini ditambah satu lagi cabang lomba, yaitu lomba kana, diperuntukkan khusus bagi mahasiswa tingkat pertama.

Selain lomba akademis, Bunkasai tahun ini makin ramai dengan penampilan budayanya. Penampilan budaya dari beberapa universitas memeriahkan acara di dalam aula. Selain penampilan menarik dari Naminori (Klub Odori), Liberta (Klub Seiyuu), dan K-On + VG di dalam aula, pada tahun ini, kelas-kelas PSBJ dimeriahkan oleh klub budaya HIMADE yang mengadakan eksibisi. Pengunjung bisa mencoba mengayunkan pedang di tutorial yang diadakan oleh Klub Kendo, melihat teknik menggambar yang ditampilkan oleh Deu Manga Club, mencoba upacara teh Jepang bersama Chanoyu, mengunjungi Maid Cafe bertema RPG yang diselenggarakan tim Arcadia, melipat kertas di OriCafe bersama Klub Origami, menonton Rakugo di pagelaran Klub Rakugo, dan juga mencoba kaligrafi Jepang di workshop Klub Shuuji. Sebagai penghujung acara, klub teater Henshin menampilkan sandiwara “BURANKO” yang disutradarai oleh Rifqaiza Pravangesta.

Tahun ini juga mahasiswa-mahasiswi Sastra Jepang UNPAD dapat memenangkan banyak bidang lomba. Berikut adalah daftar pemenang dari Sastra Jepang UNPAD:

  • Dani Nugraha sebagai Juara I Lomba Kanji Grup A
  • Anti Aryanti sebagai Juara I Lomba Kanji Grup B
  • Salwa Fithri Itsnaini sebagai Juara I Lomba Choukai Grup A dan juga Juara III Lomba Kana
  • Farrah Citraning sebagai Juara I Lomba Choukai Grup B
  • Gabriel Emilio Kevin sebagai Juara I Lomba Kana
  • M. Farrel Alfahza sebagai Juara II Lomba Choukai Grup A
  • Salsabila Surya Ananda sebagai Juara II Lomba Sakubun Grup A
  • Shabrina Nursafiya Farid sebagai Juara II Lomba Kana
  • Siti Ayu Maryan sebagai Juara III Lomba Karaoke

Sekali lagi, selamat kepada para pemenang! Semoga mahasiswa-mahasiswi UNPAD dapat terus menoreh prestasi, dan juga mewujudkan lagi Bunkasai yang semakin seru.

Untuk melihat dokumentasi acara yang lebih lengkap, klik di sini.