Pengenalan Kabinet Baru Himade 2018-2019

Halo semua! Seiring pergantian kepengurusan Himade, mari kita berkenalan dengan kabinet Himade periode 2018-2019, Kabinet Fuurinkazan!

Kabinet Fuurinkazan merupakan nama kabinet Badan Pengurus Harian Himade S1 Unpad periode 2018-2019. Furinkazan diambil dari nama strategi perang yang digunakan daimyo Shingen Takeda. Keempat elemen yang digambarkan pada strategi tersebut adalah angin, hutan, api, dan gunung, yang memiliki arti Himade yang secepat bagai angin, setenang hutan, bersemangat berapi-api, dan kokoh seperti gunung.

Berikut adalah susunan kepengurusan organisasi dalam Kabinet Furinkazan:

Kaichou & Fukukaichou

Kaichou (ketua himpunan) dan Fukukaichou (wakil ketua) merupakan pusat komando dalam Badan Pengurus Harian Himade S1 Unpad. Mereka bertugas untuk memimpin, menjaga integritas dan mengarahkan seluruh pengurus harian Himade ke arah yang lebih baik dan benar. Kaichou dan Fukukaichou juga memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas kinerja Himade secara keseluruhan.

Departemen Kesekretariatan

Departemen Kesekretariatan (Kestari) merupakan departemen yang mengurus hal terkait surat-menyurat, arsip, dan pengelolaan sekretariat Himade S1 Unpad. Departemen ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Sekretaris dan Biro Rumah Tangga. Sekretaris bertugas untuk membuat dan mengarsipkan surat, proposal, LPJ, bahkan hasil sidang dan rapat selama satu tahun kepengurusan, termasuk data pengurus Himade S1 Unpad.

Biro Rumah Tangga bertugas untuk mengawasi dan mengatur penggunaan sekretariat, mengadakan piket rutin, serta menjaga dan mengatur tata letak barang yang ada di sekretariat Himade S1. Program kerja unggulan yang dinaungi Departemen Kesekretariatan adalah Kirei-Kirei PSBJ dan Hari Apresiasi Himade.

Departemen Keuangan

Departemen Keuangan (Depkeu) merupakan departemen yang bertugas mengurusi perihal keuangan dan dana usaha. Keuangan terbagi menjadi dua: bendahara yang bertugas mengurusi keuangan umum & uang kas; dan dana usaha yang bertugas menjual barang danus yang diantaranyaL buku terbitan Gakushudo, jaket & kemeja lapangan himade, kantin kejujuran I Trust You (ITU), dan merchandise (kipas, stiker, totebag, dsb). Departemen ini juga mengadakan kegiatan “Pasar Himade” yang dilakukan tiap bulannya di luar lingkungan Universitas Padjadjaran. Dalam Pasar Himade dijual barang-barang danus, barang-barang kreativitas mahasiswa, dan penampilan klub Himade.

Departemen Akademik dan Keagamaan

Departemen Akademik dan Keagamaan (Adkem) merupakan departemen yang mewadahi mahasiswa-mahasiswa Sastra Jepang Unpad dalam bidang akademik dan agama.

Dalam bidang akademik sendiri, Adkem setiap tahunnya memiliki program kerja yang membantu mahasiswa Sastra Jepang Unpad dengan melaksanakan kegiatan belajar yang dilaksanakan ketika akan menghadapi lomba-lomba Bahasa Jepang dan juga Nouryokushiken di bulan Desember. Lalu untuk bidang keagamaannya, Adkem setiap tahunnya mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama dalam rangka menjaga silaturahmi antara warga Sastra Jepang Unpad dengan masyarakat kurang mampu di sekitar Jatinangor.

Dalam kesehariannya, Adkem biasa membantu menyebarkan informasi mengenai akademik mulai dari beasiswa, info KKN sampai info mengenai wisuda yang didapat dari pihak fakultas melalui Official Account Himade, tidak lupa pajangan Nihongo no Hi yang dipasang di sekitar PSBJ yang ditempeli bahasan mengenai Bahasa dan Budaya Jepang. Selain akademik, ada juga pesan-pesan rohani yang disebarkan setiap hari Jumat dan Minggu yang bertujuan untuk mengingatkan mahasiswa Sastra Jepang Unpad pada agama yang mereka pegang.

Departemen Media dan Informasi

Departemen Media dan Informasi (Medfo) merupakan departemen yang berfokus pada penyediaan informasi mengenai hal-hal yang terkait dengan Sastra Jepang Unpad, seperti informasi kegiatan, informasi akademik, ataupun informai yang berkaitan dengan kebudayaan Jepang, bagi masyarakat luas khususnya mahasiswa Sastra Jepang Unpad, melalui berbagai jenis platform media yang kami kelola dan menjadikannya sebagai akun resmi Himade S1. Beberapa akun resmi yang kami kelola adalah Line, Instagram, Youtube, website, dan email. Selain itu, kami juga memiliki beberapa jobdesk lainnya yang berkaitan dengan media, yaitu Oshirase (mading dan papan informasi Himade), dokumentasi, dan desain yang fungsinya masih berkaitan dengan penyediaan informasi seperti yang kami sebutkan sebelumnya. Departemen Media dan Informasi juga memiliki beberapa program kerja yang berkaitan dengan bidang media, yaitu Majalah Akari yang terbit sebanyak 2 kali dalam setahun, serta Perjalanan Jurnalistik yang merupakan kunjungan ke perusahaan media.

Departemen Bakat dan Minat

Departemen Bakat dan Minat (Bakmi) merupakan departemen yang berperan menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat bidang non-akademik anggota Himade. Departemen ini berusaha untuk mewadahi bakat dan minat para anggota dalam bentuk latihan rutin klub-klub dan penyelenggaraan lomba yang bergerak di bidang olahraga dan kesenian.

Selain melaksanakan kegiatan rutin bagi semua klub bakat di Himade, departemen ini juga menyalurkan informasi lomba-lomba dan permohonan penampilan/pembuatan produk dari klien. Di termin pertama juga departemen ini melaksanakan Kaido Himade, yaitu program kerja menggelar lomba olahraga dan kesenian yang diikutsertai mahasiswa Himade.

Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi

Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi (PSDMO) adalah departemen yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas kinerja pengurus Himade S1 Sastra Jepang Unpad, mengapresiasi kinerja pengurus himpunan, serta membentuk kader-kader baru dalam acara kaderisasi dan latihan kepemimpinan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Tidak hanya berfokus kepada pengurus himpunan, tapi Departemen PSDMO turut andil dalam meningkatkan kualitas mahasiswa non pengurus Himade. Dengan dilaksanakannya program-program tersebut diharapkan dapat menciptakan kader penerus yang unggul dan membawa himpunan ke arah yang lebih baik.

Departemen Sosial Kemasyarakatan

Departemen Sosial Kemasyarakatan (Soskem) adalah departemen yang berfokus dalam hubungan serta kepedulian kepada masyarakat baik dalam bidang internal yang berfokus pada masyarakat sastra jepangnya sendiri dan bidang eksternal yang berfokus pada hubungan dengan masyarakat pada umumnya diluar sastra jepang.

Beberapa jobdesc dari Departemen Sosial Kemasyarakatan adalah Today’s Profile, di mana kami akan memberikan sebuah apresiasi kepada salah satu dosen maupun masyarakat HIMADE yang dibuat dalam bentuk artikel yang dimana tujuannya agar memberikan semangat serta motivasi untuk masyarakat Sastra Jepang; Bank Kemasyarakatan (Bankes), di mana kami menghimpun uang yang dikumpulkan dari masyarakat Sastra Jepang secara sukarela yang akan digunakan untuk membantu yang membutuhkan; dan Info Lowongan Kerja (ILOKA), di mana kami mencari dan menginformasikan lowongan kerja bagi mahasiswa Sastra Jepang.

Selain itu adapun program kerja unggulan Departemen Sosial Kemasyarakatan yaitu PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang dijalankan selama 1 kali sepanjang kepungurusan. Yang dilaksanakan di desa binaan Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang.

Visi Kabinet Fuurinkazan

Menjadikan Himade S1 Universitas Padjadjaran sebagai himpunan yang mengidentitaskan diri sebagai himpunan yang kreatif, berintegritas, dan berkualitas dengan ciri khas yang positif.

Misi Kabinet Fuurinkazan

  1. Menanamkan nilai kebersamaan dan kekeluargaan dalam kesatuan Himade S1 Sastra Jepang Universitas Padjadjaran.
  2. Menumbuhkan rasa bangga terhadap Himade kepada seluruh mahasiswa Sastra Jepang Universitas Padjadjaran.
  3. Menjadi sarana penyelenggaraan kegiatan yang bermanfaat bagi Himade, Fakultas, Universitas Padjadjaran, maupun masyarakat luas.
  4. Meningkatkan kualitas individual yang menjadi dasar berorganisasi melalui pemaksimalan kinerja.
  5. Menjalin relasi yang bersinergi dan bersifat aktif dalam kerja sama dengan BEM dan Himpunan lain.